Temajuk, Setitik Surga Tersembunyi di Ujung Barat Pulau Kalimantan


Temajuk, Bicara tentang kalimantan, dalam benak kita pasti akan langsung terpikir tentang hutan hujan yang begitu indah. kekayaan sumber daya alam yang melimpah, suku dayak yang terkenal ke penjuru dunia serta tak lupa Orang hutan yang merupakan primata asli indonesia.

ternyata selain yang di awal saya sebutkan, ada banyak destinasi menarik yang tak kalah indahnya, yang hanya ada di kalimantan. penasaran? cek this out guys :


Pulau Sponge Bob – sebutan keren dari masyarakat setempat untuk pulau di kecil di atas karena 2 pohon kelapa yang tumbuh di tengah pulau seperti yang terlihat pada pulau yang muncul setiap awal lagu pembukaan kartun Sponge Bob Squarepants.

Pulau kecil ini merupakan sebuah bukit berbatu yang terdapat di pinggir pantai Temajuk yang dapat dicapai dengan berjalan kaki menyusuri pantai, namun hanya pada saat air laut sedang surut, karena pada saat air pasang, akses melalui pantai terendam cukup dalam setinggi dada orang dewasa dengan ombak yang cukup kuat.

 

Jakartatraveller-temajuk
Pantai Sponge bob

 

Pantai Temajuk merupakan salah satu pantai Indonesia yang masih sangat-sangat alami, dengan hamparan batu-batu besar dan pasir pantai berwarna cokelat-keemasan, bebas dari polusi dan sampah manusia, dengan biota laut yang masih sangat kaya seperti Udang Pasir, Lobster, Anemon Laut, Kepiting, Teripang, siput laut dan berbagai biota eksotis yang dapat ditemukan di habitat karang pinggir pantai Temajuk. Berhadapan langsung dengan Pantai merupakan barisan punggungan bukit dengan hutan khas Kalimantan yang khas padat. Menurut masyarakat setempat hutan ini banyak dihuni oleh berbagai jenie kera, owa, orang utan hingga bekantan yang saling bersahutan dan bercengkerama setiap pagi pukul 06:00-08:00, menakjubkan bukan? Pantai bersih, air laut biru, matahari pagi di temani dengan bunyi deburan ombak dan suara berbagai jenis kera yang saling bercengkerama. Benar-benar surga bagi petualang alam.

 

Jakarta-traveller
Picture 2. Could stay here forever

Pantai nan-Indah dan alami ini terdapat di desa Temajuk, kecamatan Paloh, Propinsi Kalimantan Barat. Desa ini berbatasan langsung dengan wilayah Malaysia yaitu Teluk Melano

 

Jakarta-traveller-temajuk
Air Terjun Riam Merasap

“Terasa seperti di Aztec Bro..” Celetuk seorang teman nge-bolang

Jakarta-traveller-temajuk-kalimantan
Air Terjun Riam Merasap

 

Tidak mengherankan bukan teman nge-bolang saya berceletuk bahwa air terjun ini seperti yang biasa kita lihat di televisi tentang aztec? Batu-batu besar berwarna putih dan abu-abu merupakan pemandangan paling banyak di area air terjun ini.

Air Terjun Riam Merasap adalah sebutan masyarakat sekitar, yang artinya air terjun yang selalu mengeluarkan asap. Namun asap di sini bukan berarti asap yang sebenarnya, tapi percikan putih air terjun.

panas, namun, air bintik-bintik air yang sangat kecil yang terpantul dari batu tepat di bawah air terjun setinggi 30 meter ini.

Air terjun ini terdapat di pulau Kalimantan, Propinsi Kalimantan Barat, tepatnya di kota Bengkayang.

Dahulu air terjun ini sangat deras, terutama pada musim penghujan, namun untuk alasan sebagai pembangkit listrik tenaga air dan keamanan masyarakat yang berkunjung maupun memancing, pemerintah setempat membangun sebuah bendungan dan pintu air di hulu air terjun, dimana debit air dapat diatur melalui pintu air tersbut. Pada hulu air terjun terdapat sebuah danau dengan kedalaman sekitar 20m, merupakan tempat masyarakat sekitar mencari ikan.

Lingkungan sekitar air terjun riam merasap ini sangat terjaga ke-alamiannya dan kebersihannya. Tidak tampak adanya pedagang maupun warung-warung dadakan yang didirikan di sekitar tempat ini. Sampah juga sangat jarang terlihat. Salut dengan masyarakat sekitar yang masih sangat menjaga kelestarian alam sekitar air terjun ini.

 

jangan lupa mention gw @kyunico dan @jakartatraveller klo kalian punya cerita seru :).

*Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat & dari sejarah -Pramoedya Ananta Toer-

klo kalian punya artikel travelleing seru yang ingin di share silahkan kirimkan melalui email ke travellerjakarta[@]gmail.com artikel text beserta photo perjalanan. dan dapetkan merchandise keren dari jakartatraveller.

Posted in Adventure, BeachTagged , ,
Indonesia Traveller Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.
Berikan Komentar

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berbagi inspirasi bagi ribuan traveller lain.