Sumber foto: bebektepisawahrestaurant.com

Rekomendasi Kuliner Lezat dan Hemat di Bali

Bagi wisatawan, terutama yang baru pertama kali berlibur ke Bali, tentu belum terlalu paham mengenai kuliner di Bali yang lezat tetapi tetap aman di kantong. Sebagaimana diketahui, Bali adalah pulau dengan destinasi populer di dunia. Di Bali, banyak makanan yang disajikan dengan beragam cita rasa dan harga yang cenderung mahal, terutama di kawasan elitnya. Tapi tenang saja, ternyata kuliner terjangkau di Bali pun mudah ditemukan.

Jika Anda datang ke Bali, khususnya Kuta, Anda bisa menginap di Favehotel Bali yang terletak di Jalan Khayangan Suci Nomor 8, Kuta. Favehotel Kuta Square Bali ini menerapkan tarif per kamar yang sangat terjangkau, di bawah Rp500.000. Semua fasilitas hotel ini cukup lengkap, dan yang utama sangat homey untuk pengunjungnya.

Lokasinya sangat strategis, di pusat Kota Legian, sehingga dekat dengan obyek wisata menarik, dan pusat belanja di Kuta. Lokasi Favehotel Kuta Square ini juga berjarak cukup dekat dengan bandara, yakni sekitar 2,8 km. Selain itu juga dengan Pantai Kuta dan Pasar Seni yang hanya berjarak kurang dari 500 meter. Untuk pemesanan kamar hotel, Anda bisa memesan melalui website Traveloka.

Setelah mendapatkan tempat menginap, Anda pastinya siap untuk jalan-jalan keliling Kuta. Jangan khawatir, Anda tetap bisa mendapatkan kuliner lezat di Bali. Berikut ini rekomendasi kuliner di Bali, terutama di kawasan Kuta, Bali.

Restoran Bebek Tepi Sawah Kuta

Aneka hidangan bebek tersaji di Restoran Bebek Tepi Sawah Kuta. Ada dua cabangnya di Kuta, yaitu di Jalan Pantai Kuta, Beachwalk Shopping Centre dan di Jalan Kartika Plaza. Anda akan menikmati aneka menu kuliner dari bebek, beserta menu-menu khas Indonesia lainnya. Tentu saja ada Bebek Betutu, yaitu bebek yang menggunakan bumbu khas Bali.

Sumber foto: bebektepisawahrestaurant.com

Sumber foto: bebektepisawahrestaurant.com

Selain bebek, ada juga ayam, gurami, udang, dan rampela ati. Harga mulai dari Rp40.000 ke atas. Harga daging bebeknya sendiri di atas Rp80.000, agak mahal tapi sepadan dengan rasanya. Daging bebeknya empuk dan pastinya akan membuat Anda ketagihan.

 

Ayam Bakar Wong Solo Kuta

Ayam Bakar Wong Solo dengan menu utama Ayam Bakar ini berlokasi di Jalan Raya Kuta Bali Nomor 87, restoran ini menyediakan beraneka ragam menu ayam. Ada juga menu bebek dan ikan. Ada Ayam Goreng, Ayam Bakar, Ayam Penyet, Bebek Goreng, Ikan Bakar atau Goreng, dan Pecel Lele.

Menu-menunya memang sangat umum dan mudah dijumpai di mana saja. Harganya kaki lima, alias sangat terjangkau, yakni kisaran Rp24.000 saja. Ada juga aneka  menu sayur tumis dengan kisaran harga Rp15.000 per porsi. Dijamin makan kenyang tanpa takut kantong bolong. Ayam bakarnya sangat menggoda selera. Untuk Ayam Penyetnya, walaupun berlabel Ayam Bakar Wong Solo, tetapi sambal penyetnya tetap pedas menggoyang lidah.

Sumber foto: tastydragon.co.id

Sumber foto: tastydragon.co.id

Pawon Pasundan

Anda sedang berada di Bali tetapi merindukan masakan Sunda? Anda bisa mampir ke Pawon Pasundan yang ada di Jalan  Kediri Nomor 2, Tuban, Kuta ini. Nasi timbel komplit, ikan gurame terbang, sayur asam, lalapan, dan sambalnya akan mengenyangkan perut sekaligus memanjakan lidah. Apalagi dengan suasana restoran yang teduh dan asri. Ada kolam ikannya, sehingga akan menarik bagi anak-anak.

Ikan gurame terbangnya rasanya gurih dan tidak berbau ikan air tawar yang sering tercium bau lumpur. Dagingnya lembut dan renyah, apalagi ditambah dengan sambal kecap yang dicampur potongan cabai merah dan cabai rawit. Ada juga karedok dan soto Bandung, bila Anda ingin makanan yang tidak  terlalu berat.

Untuk minumannya, Anda juga bisa memuaskan rasa rindu dengan memesan Es Puter Kopyor. Menariknya, di restoran ini juga disediakan menu untuk vegetarian. Yah, karena makanan Sunda memang identik dengan sayur mayur jadi tak heran jika ada menu vegetarian juga di Pawon Pasundan ini.

Sumber foto: famouschris.com

Sumber foto: famouschris.com

 

Warung Plengkung

 

Warung ini berada di Jalan Raya Kuta Nomor 90, Kuta. Warung ini cukup terkenal di Kuta karena pengunjungnya cukup banyak. Menu-menu yang disajikan juga masakan Indonesia, seperti ayam bakar, tumis kangkung, sayur asem, teri balado, capcay, kerapu bakar, dan lain-lain. Harganya sangat terjangkau, mengikuti namanya “Warung.” Harga makanan di sini pun standar warung pada umumnya.

Tak heran jika warung ini cukup laris, apalagi untuk wisawatan yang ingin berhemat dalam perjalanan liburannya. Bisa mampir ke warung ini. Sekali makannya, tak sampai Rp40.000. Apalagi ditambah dengan suasana warung yang nyaman dan bersahabat. Anda seolah sedang makan di rumah sendiri.

Demikianlah rekomendasi kuliner terjangkau dan lezat di Kuta, Bali. Semoga dapat membantu Anda yang akan melakukan perjalanan ke Bali. Selamat berlibur!