5 Tempat Wisata yang Harus Kamu Kunjungi Ketika ke Jakarta

Kota Tua, Jakarta. jakartatraveller.com

Jakarta tidak pernah lepas dari kesan hiruk-pikuk, macet, dan kehidupan yang keras. Tapi, hal tersebut ternyata tidak menghilangkan kesan bahwa ibukota Indonesia ini masih memiliki daya tarik wisata yang patut untuk kita jelajahi. Nah, buat kamu yang sedang mencari tempat liburan yang menarik, tempat-tempat wisata jakarta berikut ini wajib untuk dikunjungi ketika kamu berkunjung ke Jakarta.

  1. Monumen Nasional (Monas)

Monumane Nasional Jakarta ( Monas ), Photo by Budi N
Monumane Nasional Jakarta ( Monas ), Photo by Budi N

Ini dia tempat wisata di Jakarta yang paling ikonik. Monumen Nasional alias Monas, landmark kebanggaan warga Jakarta ini diapit oleh bangunan-bangunan penting seperti Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, Istana Negara, serta Gedung Balai Kota. Kalau kamu naik ke puncak Monas, kamu bisa melihat indahnya pemandangan Jakarta dari ketinggian. Monas dibuka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 15.00, kecuali Senin terakhir di tiap bulannya. Selain menggunakan mobil pribadi, kamu bisa naik angkutan umum seperti bus Transjakarta dan taksi buat sampai ke Monas.

  1. Kepulauan Seribu

Pulau Air, salah satu pulau di kepulauan seribu. Jakarta. Photo by Dodi H Source
Pulau Air, salah satu pulau di kepulauan seribu. Jakarta. Photo by Dodi H Source

Ibukota Jakarta juga punya tempat wisata laut yang cantiknya tidak kalah dari pantai-pantai yang sudah tersohor, yakni Kepulauan Seribu yang terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil seperti Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Bidadari, dan beberapa pulau lainnya. Untuk sampai di Kepulauan Seribu, kamu bisa naik speedboat dari Pantai Marina Ancol atau dari Muara Angke. Loket tiket kapal biasanya dibuka mulai pukul 06.30 dengan harga tiket sekitar Rp50.000,00, atau tergantung lintasan. Sesampainya di sana, kamu bisa diving, bermain-main dengan hiu, atau bermain wahana air yang memacu adrenalin.

  1. Kota Tua Jakarta

Kota Tua, Jakarta. jakartatraveller.com
Kota Tua, Jakarta. photo by Peace Susdape source

Buat kamu yang ingin merasakan atmosfer Jakarta tempo dulu, kamu wajib berkunjung ke kawasan Kota Tua Jakarta. Di sini ada lima museum yang bakal memperkaya wawasan sejarah kita. Museum-museum tersebut di antaranya: Museum Wayang, Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, serta Museum Seni Rupa, yang buka setiap Selasa-Jumat pukul 09.00-15.00 dengan tiket masuk Rp2.000,00 untuk dewasa dan Rp600,00 untuk anak-anak. Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi pelataran Kota Tua menggunakan sepeda ontel yang bisa disewa selama 30 menit dengan harga Rp10-15 ribu saja. Capek setelah berkeliling Kota Tua? Kamu bisa istirahat sejenak di Batavia Cafe yang menyajikan  berbagai hidangan tradisional. Untuk sampai di Kota Tua, kamu bisa naik KRL dan berhenti di Stasiun Jakarta Kota lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

  1. Taman Impian Jaya Ancol

taman-impian-jaya-ancol-sea_world2
Sea world at Taman Impian jaya ancol. source

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Di sini ada berbagai tempat hiburan, seperti Dunia Fantasi, Sea World, Pantai Ancol, Ocean Dream Samudera, Atlantis, dan Pasar Seni Ancol. Taman Impian Jaya Ancol buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00. Di sekitar tempat wisata ini juga banyak terdapat berbagai restoran yang menyajikan hidangan laut dengan pemandangan pantai, seperti Bandar Djakarta, yang bakal memanjakan mata dan lidah kamu setelah seharian berjalan-jalan.

  1. Taman Mini Indonesia Indah

Taman mini indonesia indah (TMII), Jakarta.
Taman mini indonesia indah (TMII), Jakarta.

Ingin melihat miniatur Indonesia di satu tempat sekaligus? Kalau begitu, kamu wajib mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di TMII terdapat anjungan-anjungan rumah adat dari berbagai provinsi di Indonesia. Selain itu, ada sejumlah museum-museum tematik, teater IMAX Keong Mas, dan wahana kereta gantung yang bakal mengantar kamu melihat-lihat TMII dari ketinggian. TMII buka setiap hari dari pukul 07.00-22.00 dengan tiket masuk perorangan Rp10.000,00 saja. Untuk masuk museum dan menikmati wahana-wahana di TMII, kamu perlu membayar tiket ekstra. Tapi jangan khawatir, harga tiketnya tetap murah kok. Lelah sehabis berwisata di TMII? Hotel dan resto di sekitar TMII bisa menjadi tempat untuk melepas lelah.

Tunggu apa lagi? Yuk, kita jajal tempat-tempat wisata di Jakarta pada liburan kali ini.

Posted in Family, JakartaTagged , , , ,
Indonesia Traveller Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.
Berikan Komentar

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berbagi inspirasi bagi ribuan traveller lain.