Kebun raya bogor.
Kebun raya bogor.

9 Hal yang perlu kamu tahu tentang bogor

ada yang sudah pernah ke bogor? yups. siapa sih gak kenal kota ini. kota yang terkenal dengan sebutan kota hujan ini adalah salah satu kota yang memiliki banyak sekali pesona menarik. nah sebelum membahas tentang pesona menarik kota bogor, kita cari tau dulu yuk. 9 hal yang perlu kamu tahu tentang bogor. 

 

1. Kebun raya Bogor, kebun ini dikenal juga dengan sebutan kebun botani bogor, di bangun pada tahun 1817 Masehi menjadikan kebun raya ini menjadi kebun tertua di asean, bahkan denger-denger sih tertua di asia. kebun ini mempunyai luas 87 hektaree dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.  gimana? g nyangka kan? 🙂 di kebun raya bogor juga terdapat Museum Zoologi yang merupakan museum dengan koleksi satwa fauna yang lengkap, bahkan salah satu koleksi satwa Serangga di museum zoologi adalah yang terbesar & terlengkap se Asia tenggara dengan 12000 koleksi :).

Kebun-Raya-Bogor - 9 hal yang perlu kamu tahu tentang bogor - jakartatraveller.com

Kebun Raya Bogor, Jakartatraveller.com

 

2. Gunung Salak, nama gunung yang terkenal di bogor ini ternyata bukan di ambil dari buah salak. atau bentuknya yang menyerupai salak. nama gunung salak ternyata di ambil dari kata bahasa Sansekerta  yaitu Salaka, yang berarti Perak. jadi jangan sampai salah jelasin lagi ya guys :).

Gunung Salak, 9 hal yang perlu kamu tahu tentnag bogor, Jakartatraveller.com

Gunung Salak, Bogor, Source

 

3. Istana Bogor & Istana Negara, Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa Istana Bogor dan Istana Merdeka yang berada di Jakarta saling berhadap-hadapan. Apabila ditarik garis antara Istana Bogor dan Istana Merdeka makan akan terbentang garis lurus sejauh kurang lebih 50 km.

Istana-Bogor-Saling-Berhadap-hadapan-dengnan-Istana-Negara - Jakartatraveller.com

Istana Bogor & Istana Negara, JakartaTraveller.com , Source

 

4. Asal & arti Nama kota Bogor & Buitenzorg, ada empat analisa tentang asal dan nama kota bogor. yaitu

  • Berasal dari salah ucap orang Sunda untuk “Buitenzorg” yaitu nama resmi Bogor pada masa penjajahan Belanda
  • Berasal dari “Baghar atau baqar” yang berarti sapi karena di dalam Kebun Raya ada sebuah patung sapi.
  • Berasal dari kata “Bokor” yaitu sejenis bakul logam tanpa alasan yang jelas
  • Asli bernama Bogor yang artinya “tunggul kawung” (enau atau aren)

untuk lebih jelas tentang penjelasan dari ke empat analisa di atas bisa di baca disini. Bogor pada masa kolonial Belanda dikenal sebagai Buitenzorg. Buitenzorg berarti no worry atau dalam bahasa Indonesia berarti ‘tanpa kecemasan’ atau ‘aman tentram’. Hal ini karena Bogor saat itu dikenal sebagai tempat peristrahatan yang nyaman dan sejuk. Adanya kebun raya Bogor yang cukup luas juga menjadi paru-paru yang bagus buat kota Bogor.

 

5. Bogor Kota Hujan. Bogor dikenal dengan julukan kota hujan karena memiliki curah hujan tahunan yang lebih tinggi dari daerah lain di Indonesia.  Curah hujan  rata-rata pertahun di Bogor adalah 3.500 hingga 4.000 milimeter. daerah kota bogor hampir selalu hujan sepanjang tahun.

Hujan-Deras-Mengguyur-Bogor, Jakartatraveller.com

Hujan deras di bogor, Jakartatraveller.com. Source

 

6. Bogor Kota angkot, Angkot adalah akronim dari angkutan kota.  Bogor juga dikenal sebagai kota sejuta angkot. Padahal jumlahnya sih tidak sampai sejuta. Menurut Arya Bima, walikota Bogor,  yang dikutip dari Kompas, jumlah angkot di Bogor adalah 3.412 unit (Kompas online pada tanggal 7 Mei 2014). Jumlah ini belum termasuk angkot yang masuk dari Kabupaten Bogor sekitar 4.000 unit. Hampir seluruh ruas jalan di Kota Bogor dilewati oleh angkot yang saat ini memiliki 23 trayek. Bahkan ada anekdot, kalau Bogor dilihat dari citra satelit, penampakan kota Bogor adalah hijau seluruhnya. Hal ini bukan berarti bahwa Bogor dipenuhi oleh pepohonan, tetapi oleh angkot, yang memang berwarna hijau.

Bogor kota angkot, Jakartatraveller.com

Bogor kota angkot, Jakartatraveller.com

 

7. Wisata Kuliner Khas Bogor, Bogor dikenal memiliki aneka ragam kuliner yang enak. Ada bermacam-macam makanan khas kota Bogor yang terkenal kelezatannya seperti Roti Unyil/Roti Venus, Asinan Bogor, Talas Bogor, Manisan Pala, Es Pala. Saya paling sering membawa Asinan Bogor, Es Pala dan Manisan Pala sebagai oleh-oleh apabila berkunjung ke Bogor. Rasanya maknyussss!.

Asinan Bogor, Jakartatraveller.com

Asinan Bogor, Jakartatraveller.com. Source

 

8. Kijang di Istana Bogor, Istana Bogor merupakan salah satu landmark kota Bogor yang tersohor dan menyimpan keunikan tersendiri, yaitu ada ribuan ekor kijang yang hidup bebas di dalam taman Istana Bogor. Kalau kita melintasi jalan raya di sekeliling Istana Bogor, kita akan melihat ada banyak orang mulai dari balita hingga lansia untuk memberi makan kijang-kijang tersebut dengan wortel, kangkung atau sayuran lainnya dari luar pagar. Pemandangan ini menjadi daya tarik dan menjadi sarana refreshing termurah karena tidak perlu membayar tiket untuk bisa memberi makan kijang-kijang tersebut.
Hal inilah yang membuat Bogor khususnya pagar luar istana Bogor selalu ramai pengunjung, khususnya pada akhir pekan yang seringkali membuat kemacetan lalu lintas.

Rusa istana bogor, Jakartatraveller.com

Rusa Totol, Istana Bogor, Jakartatraveller.com. source

 

9. Hotel Tertua di Bogor, Hotel Binnenhof merupakan slah satu hotel tertua dan hingga saat ini tetap beroperasi sebagai hotel di Bogor. Hotel Binnenhof dibangun pada tahun 1856, kemudian berganti nama menjadi Hotel Dibbets dan sekarang menjadi Hotel Salak the Heritage.

hotel salak bogor, Jakartatraveller.com

Hotel Salak Bogor, Jakartatraveller.com. Source

nah itulah 9 hal yang perlu kamu tahu tentang bogor. punya opini lain? silahkan tinggalkan komentar ya 🙂