Belah durian Di Kebun Duren Warso farm – wisata keluarga

Kebun durian warso / warso farm - jakartatraveller

Anda penikmat durian?

Kalau anda datang ke kawasan Rancamaya, Bogor. Anda bakalan denger gossip tentang lokasi populer yang merupakan surganya bagi penikmat durian. Tiap musim durian tiba, anda bisa melihat penjaja durian lokal berjejer dipinggiran. Umumnya, per buah durian lokal dijual seharga 30 ribu rupiah. Semakin besar ukurannya, semakin berat bobotnya, semakin cakep casingnya, para penjaja durian semakin berani menaikkan harga duriannya.

Kebun durian warso / warso farm - jakartatraveller
Kebun durian warso / warso farm – jakartatraveller

Masih gak puas dengan durian yang anda beli dari para penjaja durian keliling? Tenang…

Di Kebun Duren Warso, yang sama-sama berlokasi di Rancamaya, Bogor, sanggup memuaskan keinginan anda melahap durian dengan bermacam-macam jenis durian. Di Kebun Duren Warso, gak hanya menyajikan satu, dua, atau sepuluh jenis durian, tapi anda bisa ngicipi lebih dari 900 jenis varian durian. Termasuk 7 varietas unggulan, yaitu Monthong, Lay, Petruk, Sunan, Si Mas, dan Tembaga.

Biarpun gitu, masih ada kok buah-buahan jenis lain yang ditanam di Kebun Duren Warso ini, seperti pohon buah Naga, pohon nangka, buah jambu monyet, dan ditambah lagi pesona area persawahan.

Waktu yang pas buat anda datang ke Kebun Duren Warso adalah saat musim duren, yaitu mulai Bulan Desember – Mei. Dan puncaknya musim duren adalah Januari – Maret.

Kebun durian warso / warso farm - jakartatraveller
Kebun durian warso / warso farm – jakartatraveller

Kebun Duren Warso hampir setiap hari ramai pengunjung. Semakin siang, semakin ramai. Jam buka Kebun Duren Warso adalah dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam. Sebaiknya, sebelum anda datang ke Kebun Duren Warso, telepon dulu untuk mengetahui apakah stock duren yang anda inginkan masih tersedia atau tidak. Biasanya, duren-duren dengan varietas unggulan cepat ludes, diborong oleh penikmat duren yang sengaja hunting ke Kebun Duren Warso.

Untuk menuju Kebun Duren Warso, anda bisa menempuh melalui dua jalur. Jalur pertama adalah Cihideung. Jalur ini bisa ditempuh baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dari arah Kota Bogor.

Sedangkan, jalur kedua melalui Pasar Caringin. Jalur kedua biasa ditempuh oleh para pemburu durian yang berasal dari Kota Jakarta. Anda bisa melewati tol Jagorawi kemudian ambil jalur Sukabumi. Hingga akhirnya bertemu dengan Pasar Caringin, belok ke kanan. Ikuti jalan terus hingga akhirnya bertemu pertigaan. Dari pertigaan ini, belok kanan lagi. Tidak jauh dari sini, anda akan melihat patung durian besar di pinggir jalan.

Ancer-ancernya anda hampir sampai ke Kebun Duren Warso adalah Patung Durian dan Patung Buah Naga berukuran besar.

Masuk ke Kebun Duren Warso, anda gak perlu bayar tiket. Yang anda perlukan hanyalah menyediakan uang yang cukup untuk makan duren, menimati macam-macam olahan duren dan buah naga, plus bermain di wahana mini ala Kebun Duren Warso. Jangan lupa sediain kamera pocket atau kamera handphone, karena anda bakalan tertarik buat foto selfie atau groupie di Kebun Duren Warso lantaran pemandangannya yang masih terkesan natural. Ditambah lagi area persawahan yang bikin anda serasa balik lagi ke zaman ndeso.

Harga duren di Kebun Duren Warso, untuk durian Monthong sekitar 35ribu rupiah per kilo. Sedangkan, untuk durian lokal dihargai senilai 30ribu rupiah per buah. Sempat terbesit kalau harganya setara dengan harga durian yang dijual di Supermarket atau Swalayan. Tapi, gimana pun juga, durian yang fresh form the garden memang ngasih sensasi yang beda, dibandingkan makan duren simpenan.

 

Kebun durian warso / warso farm - jakartatraveller
Kebun durian warso / warso farm – jakartatraveller

 

Kebun durian warso / warso farm - jakartatraveller
Kebun durian warso / warso farm – jakartatraveller

 

Kebun durian warso / warso farm - jakartatraveller
Kebun durian warso / warso farm – jakartatraveller

 

Kebun durian warso / warso farm - jakartatraveller
Kebun durian warso / warso farm – jakartatraveller

 

Calon pembeli bisa nunjuk buah duren mana saja yang masih menggantung di batang pohonnya untuk dipetik, dibelah, dicicipi, dan dibeli, jika suka. Jika tidak suka, tidak masalah, tidak perlu membeli duren yang telah dipetik dan dibelah, tanpa ngasih ongkos icip-icip. Tapi, dengan catatan, yang memetik adalah petugas, bukan anda sebagai pengunjung.

 

Map Peta Warso Farm kebun duren bogor - jakartatraveller
Map Peta Warso Farm kebun duren bogor – jakartatraveller

Ngomongin soal wahana mini ala Kebun Duren Warso, anda bisa mengajak anak-anak anda bermain paint ball, mancing, nyeruput jus duren yang jadi menu favorite pengunjung Kebun Duren Warso. Kebun Duren Warso juga menyediakan balai pertemuan berkapasitas 90 orang.

Sudah ngiler duren? Yuks! Serbu langsung Kebun Duren Warso.

[efspanel style=”callout” type=””]
[efspanel-header]
Travel Tips
[/efspanel-header]
[efspanel-content]

When to Go: Paling oke datang pas lagi musim panen, yaitu Desember – Mei. Lebih nyaman lagi kalau datang pas pagi-pagi, sehingga gak terkesan berjejalan nongrong sambil ngemil duren di sana. Jangan lupa telepon dulu ya, untuk mengetahui duren incaran anda sudah berbuah atau belum.

How to Get Around: Alamat lengkap Kebun Duren Warso di Desa Cihideung, Kelurahan Cipelang, Cijeruk, Bogor. Telp: (0251) 211 344. Jam buka: Setiap hari, Pukul 07.00 – 17.00 WIB. Akses dari Jakarta melalui TOL Jagorawi, keluar TOL Ciawi, lanjut jalan ke Sukabumi. Di pertigaan Caringin belok ke kanan. Mentok pertigaan belok kanan lagi, ada tugu Durian besar. Atau, bisa juga melalui jalur Cihideung menggunakan angkutan umum dari Kota Bogor dengan tujuan Sukabumi.

Where to Eat or Drink: Di dalam Kebun Duren Warso, disediakan area makan untuk menikmati duren, buah Naga, dan buah lainnya yang sudah dipetik, ditambah berbagai makanan dan minuman olahan durian. Buah Naga biji merah dijual dengan harga 35ribu per kg. Untuk ketan durian, surabi durian, dan macam-macam kerupuk dijual seharga 10ribu per porsi.

Fun Fact: Pohon duren di Kebun Duren Warso memang tinggi-tinggi, tapi buahnya gampang dipetik karena bagian batang yang berbuah pendek-pendek. Mulai dari setinggi dada hingga beberapa centimeter di atas kepala.

[/efspanel-content]
[/efspanel]

Posted in Culinary, FamilyTagged , , , ,
Indonesia Traveller Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.
Berikan Komentar

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berbagi inspirasi bagi ribuan traveller lain.