Tawangmangu kawasan wisata lawas yang masih jadi primadona


Udara sejuk, suasana alam desa yang hangat dan begitu mempesona. Membuat perjalanan  menuju Tawangmangu serasa sangat bersahabat. Kepenatan kota deru knalpot , polusi udara kota, seakan sirna dalam sekejap.

Tawangmangu sebuah Objek wisata pegunungan , kabupaten karang anyar,lereng barat gunung lawu yang banyak direkomendasikan warga solo ini telah membuat gw penasaran untuk mengujunginya.

 

alam-desa-tawangmangu

Ternyata rasa penasaran gw terbayar begitu memasuki suasana alam desa yang menuju tawangmangu begitu mempesona.sawah yang hijau, deru angin yang sejuk, suasana desa yang sepi. Menjadi perkenalan gw dengan desa ini terasa begitu hangat dan nyaman

melanjutkan perjalanan. Objek tujuan pertama ditawangmangu gw adalah Air terjun Grojokan sewu. Terletak kurang lebih 27 km di sebelah timur kota karanganyar. Gerojokan sewu yang berarti air terjun seribu, hmmm, mungkin akan membuat kalian dan gw sedikit bertanya ? apakah jumlahnya seribu?. Kata sewu disini tidak menandakan jumlah banyaknya air terjun yang ada, tapi kata sewu ini dulu digunakan sebagai satuan jarak tingginya air terjun yang setinggi 81 meter ini.

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

turunnya rintik hujan , menambah suasana menjadi semakin asik .

Melewati pasar kios yang rapi dan para pedagang yang ramah membuat gw pengen mampir dan coba coba beberapa jajakan dagangannya

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Upss sorry ini bukan gw lho, ini adalah salah satu hewan liar yang hadir dipasar .

Monyet –monyet ini bebas berkeliaran dsekitar pasar. Tenang aja mereka sudah bersahabat dengan manusia- manusia yang lalu lalang kok.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

asyikkan suasana pasarnya,

untuk temen-temen yang cape bisa juga pake jasa kuda disini , untuk jasa kuda berkisar 10 ribu sampe 20 rb , bisa ditawar , kalau pake bahasa jawa kayaknya bisa dapat lebih murah deh. hehehe

 

grojokan-sewu-tawangmangu

 

untuk harga tiket masuk  sudah naik per 18 juli 2014 lalu. Yang sebelumnya harga tiket masuk wisatawan domestik senilai Rp8.000, dan turis asing senilai Rp25.000. Harga itu naik menjadi Rp13.500 untuk wisatawan domestik, dan Rp160.000 untuk wisatawan asing . lumayan banyak juga nih naiknya ckckc,

gerojokan-sewugrojokan-sewu-tawangmangu-karanganyar

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

suasana asri yang kaya oksigen , bikin gw kepengen menghirup udara sekitar sebanyak banyaknya, hahahahha

Gerojokan sewu , Air terjun yang begitu elok untuk dinikmati keindahannya, untuk temen2 yang mau mandi di air terjun, disarankan untuk tidak dilakukan karena sedikit berbahaya, karena disini juga ada larangannya lho :D.

 

sate-kelinci-gerojokan-sewu-tawangmangu

Kalian tau ini apa? Ini adalah sate kelinci yang baru direbus dan belum dibakar.

Ini adalah kuliner yang banyak disajikan dikawasan ini. Bisa dibilang .kuliner khas tawangmangu, jadi elhoo semua mesti coba rasanya,.tapi jangan dibayangin kelincinya ya ya,hehehe. Karena agak sedikit gk tega .. hmmmm. Lezattttt sobbbb Tekstur daging nya lembut untuk rasa menurut  hampir mirip sama sate ayam… cakebb deh rasanyaa.hahaha , harga seporsinya Rp 14.000.

kalau ada yang kebelet pipis , harga toilet agak lebih murah cuma seribu.

silakan mencoba 🙂

[efspanel style=”callout” type=””]
[efspanel-header]

Traveller Tips

[/efspanel-header]
[efspanel-content]

Saran untuk para traveller

Bawa baju hangat dan baju ganti karena dinginnya lumayan sampe 15 derajat

Siapin receh ribuan buat ke toilet

Harap untuk tidak mencoret-coret batu ataupun objek2 lainnya yang malah merusak keindahan alam,

untuk kebersihan dan kelestarian dimohon keras tidak membuang sampah sembarangan, hayo kita bangun wisata indonesia yang bersih dan sehat,

Hari tepat berkunjung:

Jangan hari libur karena ruamee buanget orangnya

Kritik untuk pemerintah pengelolah setempat

perbanyak tong sampah, dan buat larangan atau hukuman untuk pelaku pembuang sampah dan yang suka corat coret . akan lebih sangat indah dan menarik bila kawasan ini bebas dari sampah.

untuk toilet didalam kawasan seharusnya tidak dikenakan biaya kembali.

Hari tepat berkunjung:

Jangan hari libur karena ruamee buanget orangnya

Kritik untuk pemerintah pengelolah setempat

perbanyak tong sampah, dan buat larangan atau hukuman untuk pelaku pembuang sampah dan yang suka corat coret . akan lebih sangat indah dan menarik bila kawasan ini bebas dari sampah.

untuk toilet didalam kawasan seharusnya tidak dikenakan biaya kembali.

Next trip: Telaga yang kurang lebih luasnya 30 km, dengan suhu udara 15- 25 derajat, membuat kawasan ini menjadi Primadona wisata di magetan, kawasan ini cocok sekali untuk keluarga , bulan madu, atau para budget traveller

[/efspanel-content]
[/efspanel]

 

jangan lupa mention gw @yanjogani dan @jakartatraveller klo kalian punya cerita seru :).

klo kalian punya artikel travelleing seru yang ingin di share silahkan kirimkan melalui email ke travellerjakarta[@]gmail.com artikel text beserta photo perjalanan. dan dapetkan merchandise keren dari jakartatraveller.

Posted in FamilyTagged , ,
Indonesia Traveller Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.
Berikan Komentar

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berbagi inspirasi bagi ribuan traveller lain.