Museum Nasional jakarta - jakarttraveller
Museum Nasional jakarta

Weekend Pintar di Museum & Galeri Seni Jakarta

Gak tiap weekend harus melulu diiisi dengan liburan yang konsumtif dan mengejar hiburan semata. Kalau mau, bisa kok kita habiskan liburan sambil nambah wawasan seni dan budaya. Ada lebih dari tiga puluh museum di Jakarta dan puluhan galeri seni yang bisa kamu kunjungi. Berikut kami pilihkan beberapa spot yang sayang banget kalau kamu lewatkan:

Museum Gajah (Museum Nasional)

Terletak di sisi barat alun-alun Merdeka, tempat ini memamerkan galeri sejarah, pra-sejarah, arkeologi Indonesia melalui sejumlah koleksi artefak dan peninggalan sejarah pada masa dinasti Han, dinasti Tan dan dinasti Ming.

Taman Ismail Marzuki

Salah satu galeri seni komposer modern terkemuka Indonesia ini popular disebut TIM. Kamu yang suka seni bisa nonton pertunjukan seni tradisional dan kontemporer, termasuk balet barat, Tari Jawa, dan pertunjukan teater dari kelompok ternama. Sering juga diadakan pameran kerajinan tangan dan seni rupa. Pusat seni ini menerbitkan kalender acara bulanan yang dapat diperoleh di kantor TIM di alamat Jalan Cikini, Jakarta Raya 73.

Taman Mini Indonesia Indah

Pendirian taman ini adalah buah ide dari mendiang Ibu Tien Suharto yang ingin menciptakan miniatur keindahan ragam budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Disini kita serasa berkeliling ke 30 provinsi di Indonesia hanya dalam waktu seharian. Karena didalamnya kita akan lihat miniatur rumah tradisional dari seluruh daerah yang ada dinegara kita. Bukan Cuma itu, pertunjukan drama dan tarian dari berbagai provinsi di Indonesia juag secara teratur dipentaskan di paviliun TMII.

Monumen Nasional

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan monumen ini dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional yang terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen dan museum ini dibuka mulai pukul 08.00 – 15.00 Waktu Indonesia Barat setiap hari sepanjang pekan, kecuali hari Senin pada pekan terakhir setiap bulannya monumen ini tutup.

Museum Maritim

Pada masa pendudukan Belanda bangunan ini dulunya adalah gudang yang berfungsi untuk menyimpan, memilih dan mengepak hasil bumi, seperti rempah-rempah yang merupakan komoditi utama VOC yang sangat laris di pasaran Eropa, sekarang museum ini menjadi museum bahari yang memamerkan kapal-kapal berukuran besar dari berbagai pulau. Buka dari jam 8.00-2.00 malam pada hari Selasa, Rabu, Kamis dan Minggu.

Museum Wayang

Museum Wayang terletak di sisi barat Taman Fatahillah di dalam area “Kota Lama”. Museum ini menampilkan wayang terbaik dari seluruh Indonesia dan Asia Tenggara. Wayang kayu dan kulit yang ditampilkan di sini merupakan hasil karya terbaik dalam bentuk teater tradisional yang istimewa. Museum ini juga membuat pertunjukan wayang singkat setiap Minggu pagi.