Taman Hijau Tribeca Park, Keindahan Taman dalam Sebuah Mall

Taman Hijau Tribeca Park. Kebutuhan ruang terbuka hijau di Jakarta sudah berada dalam fase kritis. Pertumbuhan kawasan yang melaju dengan cepat tidak diiringi dengan ketersediaan ruang terbuka hijau baik bahkan tak sedikit pembangunan yang berdiri di atas area yang seharusnya menjadi ruang terbuka hijau.

Taman Hijau Tribeca Park Jakarta, Keindahan Taman dalam Sebuah Mall Kebutuhan ruang terbuka hijau di Jakarta sudah berada dalam fase kritis. Pertumbuhan kawasan yang melaju dengan cepat tidak diiringi dengan ketersediaan ruang terbuka hijau baik bahkan tak sedikit pembangunan yang berdiri di atas area yang seharusnya menjadi ruang terbuka hijau.

Idealnya, sebuah wilayah memiliki ketersediaan ruang terbuka hijau minimal 30 persen dari total luas wilayah, dan ini juga berlaku untuk Jakarta.

Karena, fungsi ruang terbuka hijau selain menjadi kebutuhan publik juga memiliki fungsi ekologi, yakni sebagai paru-paru sebuah wilayah dalam hal daya serap karbondioksida, suplai oksigen, area resapan air hingga efektivitasnya dalam meredam kebisingan dan polusi kota.

Dan, terobosan yang dilakukan Central Park Mall dengan membangun taman dalam mall sebenarnya patut diapresiasi dalam upaya turut membantu ketersediaan ruang terbuka hijau untuk warga Jakarta dengan secara khusus membangun Tribeca Park.

Dari Tribeca Park ini juga seharusnya, para pengembang mall-mall besar lain di ibukota menyadari bahwa tanggung jawab terhadap keberlangsungan lingkungan tak kalah penting dalam suatu wilayah sehingga tak melulu terkesan mengeskploitasi dan memanfaatkan budaya konsumtif warga ibukota.

Ada tanggung jawab sosial terhadap lingkungan yang seharusnya dipahami tiap mall maupun pengembang gedung-gedung pencakar langit di Jakarta tentang pentingnya ketersediaan ruang terbuka hijau untuk lingkungan dan masyarakat Jakarta dalam skala kepentingan umum yang lebih luas.

Terbukti, upaya Central Park menghadirkan Tribeca Park juga mampu memberikan keuntungan dari sisi ekonomis dan kelangsungan Central Park sebagai pusat perbelanjaan sebagai bisnis utamanya.

Taman Hijau Tribeca Park Jakarta
Taman Hijau Tribeca Park Jakarta

Ide Desain Taman dalam Mall – Taman Hijau Tribeca Park

Agung Podomoro Land sebagai pengembang Central Park memang terbilang inovatif dalam hal rancang bangun pusat perbelanjaan yang tak hanya memikirkan sisi bisnis semata tapi juga menggabungkan dua kebutuhan sekaligus dalam satu mall yakni menjalankan bisnis dengan memanfaatkan tanggung jawab sosialnya sebagai keuntungan yang bahkan memberi nilai lebih besar dibanding core bisnisnya sebagai pusat perbelanjaan.

Inovasi ruang terbuka hijau di dalam mall ini terbukti berhasil menyedot banyak pengunjung sejak pertama kali mall ini beroperasi tahun 2001 hingga hari ini, bandingkan dengan super mall lain ditiap sudut ibukota Jakarta yang cenderung terpuruk seiring dengan derasnya laju perkembangan digital yang menyuburkan pertumbuhan marketplace yang serba praktis dan mudah.

Taman Hijau Tribeca Park Jakarta
Taman Hijau Tribeca Park Jakarta

Konsep Belanja sambil Rekreasi – Taman Hijau Tribeca Park

Konsep belanja sambil rekreasi maupun sebaliknya saat ini tak hanya menjadi kebutuhan sekunder terlebih bagi warga ibukota yang setiap harinya memiliki rutinitas yang padat sehingga membutuhkan relaksasi hingga bercengkerama bersama keluarga.

Konsep ini yang kemudian dikombinasikan dengan model diversifikasi bisnis yang tak hanya mampu mengakomodasi kebutuhan warga Jakarta yang selama ini membutuhkan ruang publik yang sehat tapi juga sekaligus mampu menyalurkan hasrat belanja.

Taman Hijau Tribeca Park Jakarta
Taman Hijau Tribeca Park Jakarta

Daya Tarik Tribeca Park – Taman Hijau Tribeca Park

Central Park berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektar yang hampir 30 persen arealnya dikhususkan untuk taman Tribeca dengan desain taman terbuka yang karakternya sama persis dengan taman publik yang saling terintegrasi secara langsung menjadikan mall ini sebagai salah satu dari delapan mall terbesar di dunia.

Banyak daya tarik yang ditawarkan Tribeca Park kepada pengunjungnya, selain menghadirkan kesegaran alami dengan menghadirkan pohon-pohon rindang yang menaungi Tribeca Park terdapat pula daya tarik lain seperti keberadaan kolam ikan yang didalamnya terdapat berbagai satwa air yang khas, termasuk menikmati suasana alami sebuah taman sambil menyantap berbagai penganan melalui festival kuliner yang kerap dihadirkan di Tribeca Park. Berikut sejumlah daya tarik yang ditawarkan Tribeca Park :

Taman Hijau Tribeca Park Jakarta
Taman Hijau Tribeca Park Jakarta

Suasana yang Asri dan Menyegarkan – Taman Hijau Tribeca Park

Berada di Tribeca Park akan membuat siapapun pengunjung mall ini akan benar-benar merasa di taman sesungguhnya. Suasana asri sekaligus menyegarkan yang dihadirkan melalui berbagai tanaman penghijauan sangat efektif membangun atmosfir alami buat pengunjung.

Taman Hijau Tribeca Park Jakarta
Taman Hijau Tribeca Park Jakarta

Kolam Ikan Koi – Taman Hijau Tribeca Park

Keberadaan kolam ikan koi di taman ini juga menjadi salah satu daya tarik Tribeca Park, bahkan pengunjung diberikan kebebasan untuk berinteraksi secara langsung dengan beragam koleksi ikan koi hingga kura-kura Brasil ini, seperti memberi makan pada sekumpulan ikan yang berenang lincah.

Taman Hijau Tribeca Park Jakarta
Taman Hijau Tribeca Park Jakarta

Miniatur Air Terjun – Taman Hijau Tribeca Park

Terdapat delapan aliran air terjun mini yang menyatu dengan kolam ikan yang didesain senatural mungkin termasuk gemericik suara airnya yang akan membawa pengunjung terbawa suasana layaknya sedang berada di air terjun sesungguhnya.

Taman Hijau Tribeca Park Jakarta
Taman Hijau Tribeca Park Jakarta

Penataan Taman yang Instagramable – Taman Hijau Tribeca Park

Dalam hal penataannya, Tribeca Park bahkan mendatangkan secara khusus ahli desain lansekap taman yang membuat taman senatural mungkin dengan beragam koleksi tanaman penghijauan termasuk berbagai jenis pepohonan yang mampu meneduhkan pengunjung dari terik matahari hingga polusi udara.

Desain lansekap yang natural dengan penataan taman yang artistik hingga berbagai jenis koleksi tanaman hias beragam warna yang ada di taman ini membuatnya menjadi salah satu spot paling hits dan instagramable bagi warga ibukota khususnya milenial.

Sumber : kmerdeka.com

Amphiteather – Taman Hijau Tribeca Park

Sebuah lahan berukuran besar yang berada di sisi taman utama yang difungsikan sebagai amphiteather untuk berbagai pertunjukan mulai dari konser musik hingga pementasan drama untuk menghibur para pengunjung Tribeca Park.

Sumber : taysbakers.com

Taman Bermain Anak yang Luas – Taman Hijau Tribeca Park

Berbagai wahana permainan anak pun disediakan di Tribeca Park sehingga memanjakan bagi orang tua yang menjadikan taman ini sebagai sarana rekreasi keluarga yang lengkap di setiap sudut taman ini.

Sumber : centralparkjakarta.com

Tempat Berkumpulnya Beragam Komunitas – Taman Hijau Tribeca Park

Taman yang memiliki kapasitas pengunjung hingga 10 ribu orang ini juga dijadikan sebagai tempat berkumpulnya beragam komunitas hobi, seperti komunitas cosplay, sepeda, dance hingga komunitas fotografi yang memanfaatkan berbagai spot menarik sebagai obyek foto bertema alam yang kekinian.

Sumber : ihategreenjello.com

Jalur Pedestrian yang Nyaman – Taman Hijau Tribeca Park

Di dalam taman ini juga terdapat jalur khusus pedestrian bagi pengunjung yang ingin melihat berbagai koleksi tanaman hias dengan bunganya yang berwarna warni tanpa harus khawatir dengan terik matahari, karena rimbunnya pepohonan di taman ini mampu menaungi siapapun sekaligus memberikan kesegaran dan kesejukan udara meskipun berada di kawasan metropolitan yang sibuk.

Sumber : sindonews.com

Suasana Malam yang Romantis dan Meriah – Taman Hijau Tribeca Park

Selain akhir pekan, Tribeca Park juga ramai dikunjungi pada malam hari, selain untuk menikmati keindahan taman dengan tata pencahayaan yang modern ditambah gemerlap lampu dari gedung pencakar langit sangat efektif membangun suasana romantis sekaligus meriah.

Hal lain yang tak kalah menarik ketika berkunjung ke taman ini di malam hari adalah, permainan lampu pada miniatur air terjun yang mampu membuat siapapun yang melihatnya terpukau.

Sumber : eljohnnews.com

Wisata Kuliner – Taman Hijau Tribeca Park

Satu hal yang tak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Tribeca Park adalah menikmati berbagai sajian kuliner yang tersedia ditepian taman. Berbagai menu yang ditawarkan sejumlah resto yang ada Tribeca Park mulai dari sajian kuliner nusantara hingga western tersedia di taman ini dengan harga yang relatif terjangkau.

Sejumlah resto terkenal bahkan secara khusus membuka tenant di taman ini, dengan desain penataan kursi yang mengitari area taman membuat menu kuliner yang ada di taman ini terasa lebih spesial.

Fasilitas dan Jam Kunjungan – Taman Hijau Tribeca Park

Sebagai taman yang terintegrasi secara langsung dengan Central Park, Tribeca Park sudah memiliki beragam fasilitas penunjang yang lengkap, mulai dari kursi taman, area parkir, tempat bersantai, restoran hingga toilet yang bisa diakses dengan mudah oleh pengunjung.

Untuk jam kunjungan, Tribeca Park bisa diakses setiap hari mulai dari pukul 10.00 – pukul 23.00 WIB yang disesuaikan dengan jam operasional mall.

Lokasi dan Cara Akses Tribeca Park – Taman Hijau Tribeca Park

Tribeca Park terletak di Jalan Letjend S. Parman, Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Lokasinya yang berada di jantung Kota Jakarta Barat membuat taman ini mudah diakses dengan berbagai moda transportasi seperti bus Trans Jakarta, kereta MRT hingga angkutan umum maupun angkutan transportasi online.