Pesona eksotis kawah ratu gunung salak yang memukau


kawah ratu - taman nasional gunung halimun salak #jakartatraveller
gerbang masuk kawah ratu – taman nasional gunung halimun salak #jakartatraveller

Gunung salak mempunyai banyak sekali tempat eksotis dan memukau, yang sangat direkomendasian bagi para  traveller yang suka dengan wisata alam.  namun gunung salak juga terkenal akan pesona mistis yang penuh misteri, masih ingatkan peristiwa jatuhnya pesawat di gunung salak, itu salah satu misteri gunung salak!. diluar dari pesona mistisnya, gunung salak memang telah menjadi tempat favorit dan menjadi icon wisata alam kota hujan bogor. dan salah satu tempat yang memiliki pesona eksotis di area gunung salak adalah pesona wisata kawah ratu yang memukau.

kawah ratu - taman nasional gunung halimun salak #jakartatraveller
sungai di hulu kawah ratu – taman nasional gunung halimun salak #jakartatraveller

kawah ratu termasuk salah satu kawasan wisata yang menantang di daerah bogor. untuk mencapai kesana memerlukan tracking menelusuri hutan dan sungai yang cukup panjang. ada 3 alternatif jalur untuk menuju kawah ratu. jalur yang pertama melalui gunung bunder via pasir rengit dengan panjang tracking sekitar 3.5km dan dapat di tempuh sekitar 2.5 jam. jalur yang kedua masih melalui gunung bunder via curug seribu dengan panjang track sekitar 5km yang bisa di tembuh 3-4 jam, dan jalur yang ketiga jalur track melalui bumi perkemahan cidahu-sukabumi dengan panjang track 4.5km.

kawah ratu - taman nasional gunung halimun salak #jakartatraveller
rawa jalur kawah ratu – taman nasional gunung halimun salak #jakartatraveller

 

kawah ratu - taman nasional gunung halimun salak #jakartatraveller
padang rumput kawah ratu – taman nasional gunung halimun salak #jakartatraveller

jalur menuju kawah ratu memang cukup menantang, walau tidak terjal karena berada di ketinggian 800-900mdpl tapi tingkat kerapatan pohon, beraneka ragam jenis pepohonan serta track sungai & lumpur menjadi tantangan yang mengasikkan ketika menuju kawasan kawah ratu ini. curah hujan yang tinggi menyebabkan banyaknya mata air & aliran sungai kecil selama tracking menuju kawah ratu jd anda tidak perlu khawatir akan kehabisan sumber mata air. yang perlu anda perhatikan adalah kehati hatian meminum air dari sungai saat mendekati area kawah ratu, karena umumnya air sungai telah tercampur belerang ini bisa di cium dari bau dan rasa yang aneh, jika merasa air tidak layak minum lebih baik jangan di minum.

 

kawah ratu - taman nasional gunung halimun salak #jakartatraveller
sungai kawah ratu – taman nasional gunung halimun salak #jakartatraveller

Tim jakarta traveller memilih jalur gunung bunder via curug seribu ketika mengunjungi kawah ratu gunung salak endah. karena jalurnya mempunyai banyak pesona alam yang menarik, dari vegetasi hutan yang rapat, padang kecil, air terjun curug seribu, serta banyaknya sungai yang begitu mempesona.

 

kawah ratu - taman nasional gunung halimun salak - jJAKARTA TRAVELLER
kawah ratu – taman nasional gunung halimun salak #jakartatraveller

berikut dokumentasi perjalanan menuju pesona eksotis kawah ratu gunung salak yang memukau :

album lengkap klik disini

[flickr_set id=”72157649596550082″ max_num_photos=”100″ no_pages=”true”]

[efspanel style=”callout” type=””]
[efspanel-header]
Tips travelling
[/efspanel-header]
[efspanel-content]

bagaimana menuju kesana :

untuk menuju kesana anda bisa malalui cidahu-sukabumi, atau gunung bunder, jika anda membawa motor roda dua anda juga bisa menitipkan nya di warung yang berada di pintu masuk kawasan jalur menuju kawah ratu.

apa yg harus di persiapkan :

karena jalur yang akan ditempuh untuk tracking cukup jauh, pastikan anda berlatih fisik, jogging atau olahraga terlebih dahulu agar persiapan fisik matang & menghindari resiko cedera.

apa yg perlu di perhatikan :

kawasan kawah ratu aktif mengeluarkan asap belerang,  waktu terbaik menuju ke kawah ratu adalah pagi saat asap belerang belum terlalu kuat karena semakin sore akan semakin kuat asap belerang nya. dan sangat tidak direkomendasikan berkemah di dekat area kawah. karena asap belerang akan sangat berbahaya ketika tercium terlalu banyak.

fakta menarik :

panorama keindahan kawah ratu, serta perjalanan menuju akan memukau anda :). kadang di tengah perjalanan anda akan menemui monyet-monyet liar yang sedang mencari makan.

 


[/efspanel-content]
[/efspanel]

 

 

Posted in Adventure, Info GunungTagged , , , , ,
Indonesia Traveller Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.
Berikan Komentar

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berbagi inspirasi bagi ribuan traveller lain.