Mural Cikini - Seni Jalanan Jakarta, Jakartatraveller.com.
Mural Cikini - Seni Jalanan Jakarta, Jakartatraveller.com. Photo source

Penat dengan Rutinitas? 5 Tempat unik Wisata Jalanan Jakarta Ini Cocok buat kamu yang ingin suasa berbeda

Kamu merasa jenuh? Bosan? Penat dengan rutinitas? Itu tandanya kamu butuh liburan. Iya, berlibur merupakan salah satu pelarian paling jitu untuk menyegarkan kembali otak yang panas. Dears, jika kebetulan kalian berdomisili di ibu kota, beberapa tempat wisata jalanan di Jakarta ini akan jadi destinasi yang cocok buat kamu. Pantengin sampai kelar, ya!

  • Kota Tua, Kampung Beragam Karya Seni nan Memikat

Kalian tentu tahu kalau Kota Tua merupakan salah satu destinasi wisata di Jakarta yang diminati banyak wisatawan. Tidak hanya domestik, para pelancong dari luar negeri pun banyak yang berkunjung ke sini. Nah, salah satu hiburan menarik yang bisa kita nikmati di Kota Tua, selain mengayuh sepeda onthelnya, adalah pertunjukan seni jalanan yang sering dipamerkan di sini.

Beragam karya seni seperti lukisan maupun musik jalanan sering dipertontonkan di pelataran gedung bersejarah yang terletak di Jalan Pintu Besar Selatan – Gajah Mada, Jakarta Pusat ini. Selain itu, kita juga bisa menikmati beragam kuliner khas yang dijajakan para pedagang di lokasi.

 

  • Menyaksikan Pertunjukan Musik di Taman Surapati

Destinasi wisata seni berikutnya yang bisa kamu sambangi adalah Taman Surapati yang terletak di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Di ruang terbuka ini, kita bisa menikmati beragam pertunjukan seni. Menariknya, kita tidak dipungut biaya untuk bisa masuk dan menikmatinya.

Beberapa street art performance yang bisa kita saksikan di sini biasanya dipersembahkan oleh para komunitas pecinta musik seperti biola, saksofon, dan gitar. Taman Surapati ini merupakan tempat kongkow paling banyak dituju setiap akhir pekan. Selain itu, banyak juga beragam jajanan yang bisa kamu cicipi di sekitar taman.

 

  • Tak Harus Turun ke Jalan untuk Bisa Menikmati Seni Jalanan, Taman Ismail Marzuki Contohnya

Jika kamu senang menikmati pameran seni jalanan namun ogah berpanas-panas, alternatif paling pas adalah mengunjungi Taman Ismail Marzuki (TIM) yang terletak di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. TIM sering dijadikan tempat berkumpulnya para pegiat seni (profesional maupun seniman jalanan) pada acara-acara tertentu, seperti pertunjukan, pameran, pembacaan puisi, maupun sekadar nongkrong santai.

Selain ramai akan pertunjukan seni, di TIM juga banyak terdapat kuliner khas seperti soto, pempek, sate, dan beberapa rumah makan daerah yang sudah lama berdiri. Biasanya, TIM akan ramai pada hari libur atau akhir pekan.

 

  • Menikmati Semaraknya Mural di Jalan Cikini Raya

Mural atau lukisan warna-warni yang dituangkan di tembok-tembok atau jalanan kini memang tengah menjadi tren. Di beberapa sudut kota-kota besar di Indonesia pun banyak ditemukan karya seni mural hasil tangan dingin para seniman kreatif yang jeli memanfaatkan ruang kosong.

Nah, jika kamu sedang di Jakarta dan ingin melihat karya seni yang satu ini, kamu bisa menyambangi pusat mural yang terletak di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Di antara deret pertokoan, salon, dan gedung-gedung perniagaan, kita bisa dengan mudah menemukan mural yang tergurat indah di lantai-lantai trotoar. Mural ini sendiri merupakan bagian dari kegiatan Fun Act Art Mural 2015 untuk meningkatkan persahabatan Indonesia-Korea Selatan.

 

  • Gemar Seni? Jangan Lupa Mampir ke Pasar Seni Ancol

Untuk para pecinta seni, satu spot menarik yang tak boleh kamu lewatkan adalah Pasar Seni Ancol. Di lokasi yang terletak di komplek wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, ini, kita bisa dengan mudah menemukan beragam kegiatan seni. Sesuai namanya, kita juga bisa berbelanja aneka barang seni yang dijajakan para pedagang. Meski pengunjungnya mulai berkurang, tempat yang satu ini masih sangat recommended lho buat kamu yang berjiwa seni.

Nah, informasi tentang wisata jalanan Jakarta di atas mungkin bisa kamu jadikan rujukan yang pas buat mengisi hari libur. Sesuai slogannya, Enjoy Jakarta!

 

jangan lupa baca juga :

One day trip Petualangan sehari ke 3 pulau di kepulauan seribu